Pengertian pembelajaran koopratif
Pembelajaran kooperatif adalah suatu sistem yang didasarkan
pada alasan bahwa manusia sebagai makhluk individu yang berbeda satu sama lain
sehingga konsekuensi logisnya manusia harus menjadi makhluk sosial, makhluk
yang berinteraksi dengan sesama (Nurhadi 2003: 60)
Depdiknas (2003:5) “Pembelajaran Kooperatif (cooperative
learning) merupakan strategi pembelajaran melalui kelompok kecil siswa yang
saling bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan
belajar”
Menurut Abdurrahman dan Bintoro (2000) dalam Nurhadi 2003 :
61 menyatakan Pembelajaran kooperatif adalah suatu sistem yang di dalamnya
terdapat elemen-elemen yang saling terkait. Adapun berbagai elemen dalam
pembelajaran kooperatif adalah adanya (1) saling ketergantungan positif, (2)
interaksi tatap muka, (3) akuntabilitas individual, dan (4) keterampilan untuk
menjalin hubungan antara pribadi atau keterampilan sosial yang secara sengaja
diajarkan
Menurut Suprijono, Agus (2010:54) “Model pembelajaran
kooperatif adalah konsep yang lebih luas meliputi semua jenis kerja kelompok
termasuk bentuk-bentuk yang dipimpin oleh guru atau diarahkan oleh guru”.
Dari beberapa pengertian pembelajaran koopratif (cooperative learning)
diatas, penulis ingin menggambarkan 5 saja model pembelajaran koopratif (cooperative
learning) dalam artikel ini
7 MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, yaitu:
1. MODEL JIGSAW
- Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, setiap kelompok beranggotakan 3-5 peserta didik
- Setiap kelompok diberi tugas sejumlah anggota kelompok (tiap peserta didik dalam kelompok mendapat tugas yang berbeda)
- Tiap peserta didik dalam kelompok membaca bagian tugas yang diperoleh
- Guru meminta peserta didik yang mendapat tugas yang sama untuk berkumpul membentuk kelompok baru (kelompok ahli) mendiskusikan tugas yang sama
- Setiap peserta didik hendaknya memahami dan mencatat hasil diskusinya untuk dilaporkan dalam kelompok asal
- Setelah selesai sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian menyampaikan hasil diskusinya kepada teman lain dalam kelompoknya tentang tugas yang mereka kuasai secara bergilir
- Setelah seluruh peserta didik selesai melaporkan, guru menunjuk salah satu kelompok untuk menyampaikan hasilnya, kelompok lain menanggapi dan guru mengklarifikasi jawaban yang kurang sempurna
- Simpulan bersama guru dan peserta didik.
2. MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES
- Guru mempersiapkan gambar-gambar/wacana sesuai dengan tujuan pembelajaran
- Guru menempelkan gambar/wacana di papan atau ditayangkan lewat LCD
- Guru memberikan petunjuk dan memberi kesempatan pada peserta didik untuk memperhatikan gambar/wacana
- Melalui diskusi kelompok, peserta didik diminta untuk menganalisis dan mendeskripsikan/menginterpretasikan tugas tersebut
- Hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas, dan setiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusi
- Mulai dari komentar/hasil diskusi peserta didik, guru mulai menjelaskan materi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
- Simpulan/penutup
3. MODEL PICTURE AND PICTURE
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
- Menyajikan materi sebagai pengantar
- Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi yang disajikan
- Guru menunjuk/memanggil peserta didik secara bergantian untuk memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
- Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
- Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
- Simpulan/rangkuman
4. MODEL COOPERATIF SCRIPT
- Guru membagi peserta didik untuk berpasangan
- Guru membagi wacana/materi kepada setiap pasangan untuk dibaca dan membuat ringkasan
- Guru dan peserta didik menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
- Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Sedangkan pendengar:
- Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap
- Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
- Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti di atas.
- Simpulan dari guru
- Penutup.
5. MODEL TALKING STIK
- Guru menyiapkan sebuah tongkat
- Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membaca dan mempelajari materi pada buku pegangannya atau buku paketnya
- Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya, lalu menyuruh peserta didik untuk menutup bukunya
- Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada peserta didik, kemudian peserta didik menyerahkan tongkat tersebut secara bergantian ke temannya sambil menyangikan sebuah lagu (usahakan lagunya yang relevan dengan pokok bahasan yang dipelajari saat itu) setelah itu guru memberikan pertanyaan dan peserta didik yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya. Demikian seterusnya sampai sebagian besar peserta didik mendapat bagian untuk menjawab pertanyaan dari guru
- Guru memberikan kesimpulan
- Evaluasi
- Simpulan
6. MODEL ROLE PLAYING
- Guru menyiapkan/menyusun skenario yang akan ditampilkan
- Menunjuk beberapa peserta didik untuk mempelajari skenario sebelum berlangsungnya pembelajaran
- Guru membentuk kelompok peserta didik yang anggotanya 5 orang
- Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai dalam pembelajaran
- Memanggil para peserta didik yang sudah ditunjuk untuk melakukan skenario yang sudah dipersiapkan
- Masing-masing peserta didik duduk dikelompoknya masing-masing sambil memperhatikan/mengamati skenario yang sedang diperagakan
- Setelah selesai dipentaskan, masing-masing peserta didik diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk membahas
- Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
- Guru memberikan simpulan secara umum
- Evaluasi
- Penutup
7. MODEL SCRAMBLE
Media:
- Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan materi
- Buat jawaban yang diacak hurufnya
- Guru menyajikan materi yang sesuai dengan kompetensi
- Membagikan lembar kerja sesuai dengan contoh
EmoticonEmoticon