VIRUS-VIRUS AMAL

ASSALAMU'ALAIKUM WR..WB..

Alhamdulillahirobbil 'alamin.. wasolatuwasalama 'ala rosulillah SAW.

Berbicara masalah virus... banyak sekali jenis virus didunia ini, jikalau sebuah virus itu menjangkit pada tubuh kita, maka lama kelamaan tubuh kita akan menjadi lemah, jika tidak langsung ditangani dan diobati, virus ini akan menggrogoti tubuh kita bahkan akan menyebabkan kematian.. inilah virus yang menyerang diri kita. jika virus ini adalah virus komputer. komputer yang kita gunakan terserang virus, maka sudah dapat dipastikan komputer kita akan menjadi eror, bahkan data-data yang kita miliki bisa jadi hilang terserang virus, jika virus ini tidak diatasi.. maka dalam jangka panjang, komputer kita akan mengalami kerusakan bahkan sampai mati total. Inilah virus yang menjangkit sesuatu disekitaran kita.
Nah.. bagaimana kalau virus ini menjangkit amal-amal ibadah kita.???
bisa jadi, amal ibadah kita yang sudah kita kumpulkan atau kita lakukan akan hilang sedikit demi sedikit tanpa kita sadari, alngkah ruginya kita disebabkan virus ini. Apakah virus-virus amal ibadah kita itu..??


  1.  Riya', apa itu riya'.. riya adalah melakukan amalan yang kita lakukan bukan mengharapkan pahala dari ALLAH dengan ikhlas, akan tetapi ingin mengharapkan pujian dari orang lain. ini adalah virus riya', banyak sekali kita temukan dalam kehidupan sehari-hari kita. Misalkan saja, dengan memberitahukan amal kita pada orang lain ketika kita melakukan kebaikan, ketika memberikan shodaqoh kepada orang lain, kemudian dia menceritakan amala tersebut kepada orang lain supaya dianggapnya dia adalah orang yang dermawan, contoh lagi ketika seseorang melakukan ibadah, akan tetapi dia memberitahukan lewat media sosial seperti misalkan "Alhamdulillah, malam ini bisa melakukan ibadah tahajud setelah sholat tarawih", "Alhamdulillah, Semalem saya membaca alquran sebanyak 5 jus" dan masih banyak lagi yang lainya.. dan ini diposting di medsos yang semua orang melihatnya.. ini yang akan membuat orang yang membacanya bernaggapan bahwa orang "INI orang yang sholeh dan banyak amal ibadahnya". inilah salah satu faktor yang bisa mengrogoti bahkan menghilangkan amalan ibadah ikta.   Nah.. bagaimana dengan puasa kita..?? yaaa.. mungkin untuk saat ramadhan seperti ini kita bisa menyembunyikan puasa kita dari orang lain, karna puasa ramadhan hanya diri kita dan ALLAh lah yang mengetahuinya...........    Alhamdulillah.. TAPI........hati-hati setelah usainya ramadhan, seperti ketika berkumpul dengan keluarga besar.. hati--hati.. terkadang kita tidak sadar kita melakukan riya' ini, contohnya.. ketika ada sanak sodara yang bertanya,,,, BAGAIMAN RAMADHAN KALI INI MAS???,, secara tidak sadar kita menceritakan semua kegiatan romadhon kita, seperti amalan2 lain yang kita lakukan ketika romadhon kepada sodara kita.. ini sudah termasuk riya.. "Alhamdulillah, romadhon ini saya bisa i'tikaf full 10 hari dimasjid, dengan khusyu'" NAAH...!! kata-kata seperti ini yang akan menggrogoti amalan kita dibulan ramadhan.. 
  2. Ujub. merasa dirinyalah yang paling benar, hanya dirinya,.. meremehkan orang lain dari dirinya,. tidak memandang siapa yang sedang berada disekitarnya, apakah ahli qur'an, atau pakar hadist sekalipun, atau orang yang sudah hafal alquran 30 juz? tapi penyakit ujub ini tidak memandangnya, karena dia merasa bahwa dirinyalah yang palik baik amalnya dan paling banyak ibadahnya dan merasa dia akan masuk kedalam syurga,, yang lain tidak. 
inilah tadi dua virus yang bisa menggrogoti amalan-amalan ibadah kita.. maka dari itu kita harus berhati-hati dengan virus ini, lebih baik kita diam dengan amal ibadah kita tanpa harus menceritakan ataupun memberitahukanya kepada orang lain.
Previous
Next Post »
'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();