Tips Lancar Jalani Puasa/ Shaum Ramadhan

Dari PAPDI (Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam) dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD,KGer FINASIM dari Devisi Geriantri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas kedokteran Indonesia, tips lancar menjalani shoum ramadan bagi usia lanjut dan semua kalangan,

    ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1.  Saat sahur, usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi, pasalnya 2 asupan tersebut akan membuat metabolisme tubuh berjalan cepat, sehingga cepat pula mendatangkan rasa haus bagi diri kita walaupun kita tidak terdehidrasi.
  2. dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi, contohnya seperti Gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian dan nasi merah.BACA JUGA : TIPS MENGATASI RASA MALAS 
  3. saat berbuka puasa/ makan ta'jil, dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma, karena  kurma mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang seharian waktu kita berpuasa akan perlahan-lahan dipenuhi.
  4. saat berbuka puasa, dianjurkan mengkonsumsi pisang,karena pisang sangat baik bagi tubuh anda, sebab. pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.
  5. kurangi makanan yang di goreng karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini karena seseorang yang sudah diusia lanjut cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak dalam tubuh, seperti penyakit jantung koroner dan hipertensi.
  6. batasi makanan yang mudah dicerna tubuh seperti gula, karna gula bisa cepat menimbulkan rasa haus ketika kita menjalani puasa nantinya.
  7. konsumsi air atau jus buah antar berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untu anda lancar beraktifitas pada esok harinya.
  8. hindari terlalu banyak minum es, karna minum es akan menghilangkan rasa lapar, jadi jika terlalu banyak minum es, maka asupan makanan/ nutrisi makanan yang masuk ketubuh kita akan berkurang karna nafsu makan kita telah hilang disebabkan terlalu banyak meminum es. 
ARTIKEL TERKAIT: CARA MUDAH UNTUK MENGHAFAL AL-QURAN

yah... begitulah sobat sekalian.. tips lancar berpuasa dari para pakar kesehatan. 
semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.. dan kita bisa melaksanakan ibadah Shoum dengan lancar dan mendapatkan Ridho dari ALLAH SWT.. Aamiin..
Previous
Next Post »
'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();